Ini Tandanya payudara yang terserang kanker!

Kanker payudara adalah momok menakutkan bagi wanita. Sudah banyak kisah pilu dari mereka yang mengidap kanker ini. Namun sebenarnya, Anda bisa mendeteksi gejala ini sebelum terlambat. Anda dapat mengetahuinya apakah payudara Anda terserang kanker atau tidak dengan lima cara berikut. Jika menemukan tanda-tanda berikut di payudara Anda, segeralah konsultasikan ke dokter.

Lantas seperti apa ciri dan tandanya payudara yang kemungkinan terserang kanker? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari merdeka.com berikut ini.

1. Ada benjolan

Benjolan di payudara, sekitar payudara, sampai ketiak bisa jadi salah satu tanda adanya kanker. Meski belum tentu ganas dan tidak bersifat kanker, segera konsultasikan pada dokter untuk memastikan segalanya.

2. Ukuran dan bentuk payudara

Kanker payudara bisa mengubah bentuk dan ukuran payudara, termasuk usia, siklus menstruasi, kehamilan, menyusui, berat badan, dan beberapa obat-obatan. Jika merasa bentuk dan ukuran payudara berubah, segera hubungi dokter.

3. Infeksi atau memerah

Tidak semua kanker payudara menimbulkan benjolan. Inflamasi penyebab kanker terkadang memunculkan infeksi atau kondisi memerah yang parah pada payudara. Meskipun jarang, namun payudara yang infeksi atau bengkak perlu diperiksakan lebih lanjut.

4. Perubahan kulit

Inflamasi kanker payudara juga membawa perubahan pada kulit pada payudara. Misalnya mengubah kulit payudara tampak seperti kulit jeruk. Jika mengenali tanda seperti ini, jangan ragu untuk segera menanyakannya pada dokter.

5. Perubahan puting

Selain perubahan kulit, puting pada payudara juga perlu diperhatikan. Apakah puting masuk terdorong ke dalam atau ada cairan selain susu yang keluar dari sana? Jika iya, lakukan tes dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya.

Itulah beberapa tanda payudara yang terserang kanker yang perlu dikenali. Semakin cepat deteksi kanker, semakin tinggi kesempatan untuk bertahan hidup. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar