Mencari Trafik atau Mencari Pembaca

Tulisan ini terinspirasi oleh salah seorang kawan yang mengelola situs infoharga.detikpos.net. Dia bercerita bahwa dua hari terakhir visitor blognya turun sangat drastis, dari yang biasanya mencapai 10.000/hari, sekarang tidak sampai angka 1000-an. Ada penurunan sebanyak 90%!

Menurut dia, itu semua katanya, karena terkena penalti dari update algoritma Google terbaru: penguin, panda, florida, dance dan entah apa lagi (jujur saya tidak paham dengan hal-hal teknis semacam itu). Ini tentu saja, benar-benar satu hal yang amat sangat disayangkan.

Lalu apa yang bisa kita ambil pelajaran dari sini? Saya tidak akan membahasnya secara teknis atau dari kacamata SEO, karena itu bukan bidang yang saya kuasai. Saya hanya ingin menyoroti dari sisi lain, yaitu benarkah trafik adalah segalanya? Setiap blogger, apalagi yang masih pemula, selalu dipusingkan dan memikirkan trafik, trafik dan trafik. Seolah trafik adalah segalanya. 

Betul. Tidak dipungkiri kita semua butuh yang namanya trafik, tanpa trafik yang memadai maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari kegiatan blogging kita. Tapi satu hal yang seringkali dilupakan oleh banyak blogger adalah pembaca setia blog Anda! Menurut saya, yang kedua itu jauh lebih utama dibandingkan hanya sebatas deretan angka statistik bernama trafik.

Trafik tidaklah sama dengan pembaca setia Anda. Oya? Ya jelas, trafik dan pembaca blog Anda adalah dua hal yang berbeda:

1. Anda bisa mendapatkan trafik cukup dengan menguasai jurus-jurus maut SEO. Trafik datang karena Anda hebat dalam SEO, tapi pembaca Anda datang karena mereka tertarik dan merasakan manfaat yang Anda berikan.

2. Trafik bisa Anda beli! Benar, Anda bisa membeli trafik, tapi Anda tidak akan bisa membeli kesetiaan pembaca blog Anda.

3. Trafik tidak bisa berlangganan blog Anda, tapi pembaca setia melakukan hal itu.

4. Trafik tidak menautkan link ke blog Anda, tapi pembaca setia Anda bisa melakukannya secara sukarela.

5. Trafik tidak bisa mengomentari tulisan-tulisan Anda, tapi pembaca setia akan mengomentarinya. Memberi masukan, bertanya, marah, dongkol atau mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada Anda.

Jadi, menurut saya: 
Pengunjung dan pembaca setia adalah sesuatu yang mesti Anda dapatkan, karena itu adalah bahan bakar utama yang menghidupi blog Anda. Bukan sederet angka statistik bernama TRAFIK!

Itulah mengapa saya lebih mementingkan membangun hubungan secara personal dengan pembaca dan pengunjung blog saya. Karena saya ingin menghargai mereka sebagai manusia bukan sekadar deretan angka-angka. Semoga memberi pencerahan. Bagaimana menurut Anda?

Salam.

Posting Komentar